Kumpulan Makalah Terlengkap, Tutorial Dapodik, Tutorial PMP, Perangkat Pembelajaran Kurikulum KTSP 2006 Dan KTSP 2013 SD

Search

Monday, April 29, 2019

Contoh PTS Monitoring Pembelajaran KUMON

Contoh PTS Monitoring Pembelajaran KUMON


Perkalian merupakan basic skill, penguasaan sangat diperlukan untuk bekal meniti kehidupan di masyarakat. hampir setiap saat pada kehidupan sehari-hari siswa dihadapkan pada persoalan yang berkaitan dengan perkalian. Pada anak normal, konsep perkalian umumnya dikuasai  siswa SD.

Berdasarkan fakta atas hasil pengamatan  peneliti selaku Kepala Sekolah  bahwa hasil ulangan harian selama tengah semester I tahun Pelajaran 2013/2014 mata pelajaran matematika siswa SDN Banjarsari Kulon 02  Kecamatan  Dagangan  Kabupaten  Madiun Propinsi Jawa Timur, kurang memuaskan. 86% nilai ulangan harian siswa kelas VI di SDN tersebut tentang perkalian mereka masih kurang dari 6,  guru yang mengajar matematika merasa prihatin, sebab jika dibiarkan, masalah ini akan berkelanjutan pada konsep lain yang menggunakan dasar perkalian misalnya Pembagian  atau  Soal Cerita Perkalian dan lain-lain.

Akibat keterbatasan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran, mereka membutuhkan media dan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Sehingga pemahaman mereka menjadi lebih mudah. Varian, kemampuan masing-masing siswa yang berbeda membutuhkan layanan secara individu sehingga dapat terkembang optimal. Pemahaman yang lambat memerlukan pentahapan bahan pelajaran yang detail dan latihan yang berulang-ulang sedangkan keterampilan sosial dan penanaman budi pekerti memerlukan kegiatan bersama dengan teman.

Berdasarkan hal-hal dintas, penulis berupaya menemukan solusi pemecahan masalah melalui penelitian tindakan kelas. Dalam hal ini penelitian tindakan perlu dilakukan untuk menyempurnakan atau peningkatan proses dan praksis pembelajaran, terutama dalam hal menanggulangi permasalahan belajar. Melalui penelitian tindakan, permasalahan yang ada dapat dikaji, ditingkatkan dan dituntaskan secara barkesimbungan sehingga proses pendidikan dan pembelajaran yang inovatif dan ketercapaian tujuan pendidikan khususnya penguasaan perkalian dapat diaktualisasikan secara sistimatis.

Secara garis besar rancangan penelitian tindakan yang akan dilakukan terdiri dari 3 siklus, setiap siklus dirancang sedemikian rupa sehingga tindakan yang dilakukan membuat siswa Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan. Diharapkan melalui pembelajaran yang PAKEM kinerja siswa dan guru / peneliti lebih meningkat, proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan berkualitas siswa lebih kreatif, penguasaan perkalian lebih optimal dan hasil belajar matematika lebih memuaskan.

Bagi teman-teman yang ingin mendownload  Contoh PTS Monitoring Pembelajaran KUMON  silahkan klik link dibawah ini.


Download Button


No comments:

Post a Comment

Post Popular

Makalah Maulid Nabi Muhammad SAW 1

MAULID NABI MUHAMMAD SAW Diajukan untuk memenuhi   s alah satu tugas m ata p elajaran Sejarah Kebudayaan Islam ...