Contoh PTS Monitoring Pembelajaran KUMON
Perkalian merupakan basic skill, penguasaan sangat diperlukan untuk bekal meniti kehidupan di masyarakat. hampir setiap saat pada kehidupan sehari-hari siswa dihadapkan pada persoalan yang berkaitan dengan perkalian. Pada anak normal, konsep perkalian umumnya dikuasai siswa SD.
Berdasarkan fakta atas hasil pengamatan peneliti selaku Kepala Sekolah bahwa hasil ulangan harian selama tengah semester I tahun Pelajaran 2013/2014 mata pelajaran matematika siswa SDN Banjarsari Kulon 02 Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Propinsi Jawa Timur, kurang memuaskan. 86% nilai ulangan harian siswa kelas VI di SDN tersebut tentang perkalian mereka masih kurang dari 6, guru yang mengajar matematika merasa prihatin, sebab jika dibiarkan, masalah ini akan berkelanjutan pada konsep lain yang menggunakan dasar perkalian misalnya Pembagian atau Soal Cerita Perkalian dan lain-lain.
Akibat keterbatasan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran, mereka membutuhkan media dan strategi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Sehingga pemahaman mereka menjadi lebih mudah. Varian, kemampuan masing-masing siswa yang berbeda membutuhkan layanan secara individu sehingga dapat terkembang optimal. Pemahaman yang lambat memerlukan pentahapan bahan pelajaran yang detail dan latihan yang berulang-ulang sedangkan keterampilan sosial dan penanaman budi pekerti memerlukan kegiatan bersama dengan teman.
Berdasarkan hal-hal dintas, penulis berupaya menemukan solusi pemecahan masalah melalui penelitian tindakan kelas. Dalam hal ini penelitian tindakan perlu dilakukan untuk menyempurnakan atau peningkatan proses dan praksis pembelajaran, terutama dalam hal menanggulangi permasalahan belajar. Melalui penelitian tindakan, permasalahan yang ada dapat dikaji, ditingkatkan dan dituntaskan secara barkesimbungan sehingga proses pendidikan dan pembelajaran yang inovatif dan ketercapaian tujuan pendidikan khususnya penguasaan perkalian dapat diaktualisasikan secara sistimatis.
Secara garis besar rancangan penelitian tindakan yang akan dilakukan terdiri dari 3 siklus, setiap siklus dirancang sedemikian rupa sehingga tindakan yang dilakukan membuat siswa Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan. Diharapkan melalui pembelajaran yang PAKEM kinerja siswa dan guru / peneliti lebih meningkat, proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan berkualitas siswa lebih kreatif, penguasaan perkalian lebih optimal dan hasil belajar matematika lebih memuaskan.
Bagi teman-teman yang ingin mendownload Contoh PTS Monitoring Pembelajaran KUMON silahkan klik link dibawah ini.
No comments:
Post a Comment