MAKALAH MATEMATIKA STATISTIK
Diajukan
untuk memenuhi salah satu tugas dari sekolah dan untuk melengkapi salah satu
persyaratan untuk mengikuti
Ujian Nasional
Di Susun Oleh :
YULI YANTI
Kelas IX - E
PEMERINTAH
KABUPATEN GARUT
DEPARTEMEN AGAMA
MTsN 1 CISEWU
2016
LEMBAR
PENGESAHAN
“ MAKALAH MATEMATIKA STATISTIK
“ ini disahkan pada tanggal oleh
:
PKS Kesiswaan Guru
Kelas
Cahyar Buhori, S.Ag Dian Hasanah, S.Ag
NIP. 195611161983031002 NIP. 197709042007102002
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang selalu
memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua, serta hanya berkat
rahmat-Nya lah sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis ini. Shalawat
serta salam mudah-mudahan selalu tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad
SAW, kepada keluarganya, kepada para sahabatnya, serta mudah-mudahan sampai
kepada kita semua sebagai ummatnya, Amin.
Karya Tulis yang berjudul “ Makalah Matematika Statistik “ ini
diajukan untuk memenuhi salah satu tugas dari sekolah dan untuk melengkapi
salah satu persyaratan untuk mengikuti Ujian
Kelulusan Siswa MTsN I Cisewu Tahun Pelajaran 2015 / 2016.
Dalam penyusunan karya tulis ini, penulis menyadari sepenuhnya dengan
segala keterbatasan kemampuan masih sangat banyak kekurangan dan jauh dari
sempurna, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang
membangun dari semua pihak guna perbaikan di masa yang akan datang.
Dengan segala kerendahan hati izinkan penulis untuk mengucapkan terima
kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penulis dalam penyusunan karya
tulis ini, terutama kepada :
1.
Bapak
Kepala MTsN I Cisewu.
2.
Bapak
Wakil Kepala Sekolah MTsN I Cisewu.
3.
Bapak/Ibu
Guru yang telah memberikan bimbingan.
4.
Ibu
Dian Hasanah , S.Ag selaku Wali Kelas IX D yang telah memberikan perhatian dan bimbingannya.
5.
Ayah
dan Ibu tercinta yang tak pernah lelah mencurahkan kasih sayang dan do’anya
demi tercapainya cita-cita buah hatinya.
6.
Semua
rekan-rekan seperjuangan yang telah memberikan motivasi dan bantuannya.
Dan semua pihak yang telah membantu dan berpartisipasi dalam penyusunan
karya tulis ini, baik berupa bantuan moril maupun materiil, semoga kebaikannya
menjadi amal shaleh di sisi Allah SWT, Amin.
Akhirnya penulis berharap semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi
semua pihak, Amin yaa Robbal Alammin
Cisewu, Januari 2016
Penulis
DAFTAR ISI
LEMBAR PENGESAHAN ................................................................................... i
KATA PENGANTAR ........................................................................................... ii
DAFTAR ISI .......................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
............................................................................ 1
2. Tujuan
.......................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
1. Statistik dan Statistika
............................................................................ 3
2. Ukuran Letak Data
......................................................................... 3
2.1 Pengertian .... ...................................................................... 3
2.2 Kuartil ......................................................................................... 3
2.3 Desil
............................................................................................ 5
2.4 Persentil
....................................................................................... 7
BAB III PENUTUP
1. Kesimpulan .................................................................................. 9
2. Saran
............................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................... 10
BAB
I
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang
Matematika
merupakan ilmu yang sangat berkaitan dengan kehidupan. Sebagai ibu dari ilmu
pengetahuan, matematika merupakan ilmu dasar yang dapat digunakan untuk
memecahkan masalah dalam bidang ilmu yang lain. Misalnya, Fisika, Kimia,
Biologi, Akuntansi, Ekonomi, Sosial, dan Astronomi.
Melihat betapa
pentingnya matematika maka perlu adanya peningkatan kualitas pendidikan
matematika demi untuk membentuk manusia yang memiliki daya nalar dan data pikir
yang kreatif dan cerdas dalam memecahkan masalah, serta mampu mengomunikasikan
gagasan-gagasannya. Pendidikan matematika harus dapat membantu Anda menyongsong
masa depan dengan lebih baik.
Atas dasar
inilah, kami menyusun makalah ini, dalam hal ini kami lebih memfokuskan dalam bidang
statistic yaitu mengenai ukuran letak data. Matematika sendiri memiliki
beberapa cabang pembelajaran, seperti statistic, bilangan, rumus – rumus bangun
ruang, serta penggunaan sinus, cosinus, dan sebagainya. Dalam hal ini kami
membahas statistic, dimana statistic berguna guna mengumpulkan data untuk
membuat atau menarik suatu keputusan, untuk membandingkan sesuatu dan lain –
lain. Pada umumnya, statistik disajikan dalam bentuk tabel atau diagram agar
mudah dibaca, dipahami, dan dianalisis.
Contoh data
statistik di antaranya data kelahiran bayi di suatu daerah pada tahun tertentu
dan jumlah penduduk suatu wilayah. Untuk mengumpulkan, menganalisis, serta
menarik kesimpulan yang benar dari suatu data diperlukan sebuah metode. Metode
untuk mengumpulkan data, menyusun data, mengolah data, menganalisis data,
sampai menarik kesimpulan disebut statistika.
2. Tujuan
Pembuuatan
Makalah ini bertujuan untuk menambah serta membekali teman – teman semua dengan
ilmu pengetahuan dan sejumlah kemampuan dasar yang dapat berguna apabila teman
– teman ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, karena tidak
menutup kemungkinan kita tetap akan bersinggungan dengan matematika khususnya
statistic meskipun kita ada dalam jurusan sastra, selain itu guna mengembangkan
ilmu matematika dalam kehidupan sehari- hari.
Kami menyadari
bahwa penerbitan makalah ini tidak akan terlaksana dengan baik tanpa dukungan
dan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, dengan hati yang tulus, kami
ucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan. Semoga makalah
ini dapat memberi kontribusi bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Statistik dan
Statistika
Tentu kita telah
mempelajari mengenai statistic , namun mungkin hingga saat ini kita masih
sedikit binggung apabila membedakan antara statistic dan statistika, untuk
lebih jelasnya kita perhatikan contoh kasus berikut :
Misalkan,
dilakukan pengukuran tinggi badan terhadap 8 siswa MTs Kelas IX secara acak.
Hasil pengukuran tersebut adalah 170, 165, 158, 150, 162, 160, 155, 159 (dalam
cm). Tinggi badan seorang siswa disebut datum, sedangkan hasil seluruh
pengukuran tinggi badan terhadap 8 siswa disebut data. Dari perhitungan atau
pengolahan terhadap data yang dicatat akan diperoleh statistik. Metode untuk
mengumpulkan data, menyusun data, mengolah data, menganalisis data, sampai
menarik kesimpulan disebut statistika.
2. Ukuran Letak
Data
2.1. Pengertian
Ukuran letak
data adalah suatu nilai tunggal yang mengukur letak nilai-nilai pada suatu
data, atau biasanya juga disebut dengan ukuran yang didasarkan pada letak dari
ukuran tersebut dalam suatu distribusi. Dalam ukuran letak data kita mengenal
adanya kuartil, desil, serta persentil.
2.2. Kuartil
Kuartil adalah
ukuran letak yang membagi suatu distribusi menjadi 4 bagian yang sama. Kuartil
terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kuartil pertama, kuartil kedua, dan kuartil
ketiga. Kuartil biasa diberil symbol K / Q . Kuartil dibagi menjadi 2
jenis yaitu kuartil data tunggal serta kuartil data berkelompok.
1.
Kuartil Data Tunggal
n RUMUS :
K1 = 1 (n+1)
4
K2 = 2 (n + 1)
4
K3 = 3 (n + 1)
4
n Contoh
Soal :
Data penjualan
komputer setiap bulan selama 7 bulan terakhir tahun 2002 adalah :
2,4,3,3,6,5,7. Urutkan data, sehingga menjadi : 2,3,3,4,5,6,7
Jawab :
K1
= 1 (7+1)
4
= 8/4 = 2
artinya data dengan posisi ke-2,
Jadi nilai K1 =
3
K2
= 2 (7+1)
4
= 16/4 = 4,
artinya data dengan posisi ke-4, yaitu 4
K3
= 3 (7+1)
4
= 24/4 = 6,
artinya data dengan posisi ke-6, yaitu 6
2.
Kuartil Data Berkelompok
RUMUS :
K1 = 1 (n)/4
K2 = 2 (n)/4
K3 = 3 (n)/4
2.3.
Desil
Desil adalah
ukuran letak yang membagi suatu distribusi menjadi 10 bagian yang sama besarnya
atau bisa juga nilai-nilai yang membagi data sepuluh bagian sama banyak. Sama
halnya dengan kuartil, desil juga terdiri dari desil data tunggal dan desil
data berkelompok.
1.
Desil Data Tunggal
n Untuk
data tunggal, berlaku rumus ;
Desil1=D1=1(n+1)/10
Desil5=D5=5(n+1)/10
Desil9=D9=9(n+1)/10
Contoh Soal :
Data penjualan
komputer setiap bulan selama 7 bulan terakhir adalah : 2,4,3,3,6,5,7
Penyelesaian :
Susunan data :
2,3,3,4,5,6,7
Letak
Desil1=1(7+1)/10=8/10=0,8≈1 (dibulatkan)
Jadi posisi data
ke-1 = 2
Letak
desil5=5(7+1)/10=40/10=4
Nilai desil 5
adalah data ke-4 = 4
Letak
desil9=9(7+1)=72/10=7,2 = 7 (dibulatkan)
Nilai desil 9
adalah data ke-7 = 7
2.
Desil Data Berkelompok
n Untuk
data berkelompok, berlaku rumus :
DESIL1=1(n)/10
DESIL5=5(n)/10
DESIL9=9(n)/10
2.4.
Persentil
Persentil adalah
nilai-nilai yang membagi data seratus bagian sama banyak. Akibatnya terdapat 99
buah persentil, yaitu persentil pertama, desil kedua, persentil ketiga, …, dan
persentil ke-99. Persentil ke-25 sama dengan kuartil pertama, persentil ke-50
sama dengan kuartil kedua atau median, dan persentil ke-75 sama dengan kuartil
ketiga. Persentil ke-10, 20, 30, …, 90 sama dengan desil ke-1, 2, 3, …, 9.
1.
Persentil Data Tunggal
Rumus :
LPi = i(n+1)/100
Contoh Soal :
Diketahui Data :
2,4,3,3,6,5,7
Maka :
Urutkan data :
2,3,3,4,5,6,7
LP50 = 50(7 +
1)/100 = 4 (urutan data ke – 4) > P50 = 4
2.
Persentil Data Berkelompok
Rumus :
LPi = i(n)/100
Nilai Persentil
= Pi = TKb + (LPi – FKKb)/(FKKa – FKKb)*ci
Keterangan
:
Pi = persentil
ke – i
TKb = tepi kelas
bawah
LPi = letak
persentil ke –i
FKKa = frekuensi
kumulatif kelas atas
FKKb = frekuensi
kumulatif kelas bawah
ci = interval
kelas
BAB III
PENUTUP
1. Kesimpulan
Dari keseluruhan
isi makalah ini, dapat kita dapat mengambil kesimpulan bahwa statistic
digunakan sebagai metode untuk pengumpulan data yang bertujuan untuk penarikan
suatu keputusan. Di dalam Statistic sendiri terdiri dari 3 hal yaitu kuartil,
desil dan persentil. Dimana masing – masing nya memiliki rumus tersendiri untuk
menghitung jumlah data – data yang ada.
2. Saran
Dari makalah
ini, dapat disarankan agar kita bisa menggunakan metode ini untuk mengambil
suatu data apapun, guna penarikan suatu keputusan. Dimana kita juga dapat menggunakan
rumus kuartil, desil, ataupun persentil tergantung pada situasi yang kita
hadapi.
Tak lepas dari
itu semua, kami sebagai penyusun juga mengahrapkan saran – saran yang membangun
guna hasil yang jauh lebih baik kedepannya.
DAFTAR PUSTAKA
Blogspot. Com,
2014, “Statistika”’(online), http://belajar-soal-matematika.blogspot.com/2014/01/statistika-matematika-ukuran-penyebaran.html,
(diakses pada 18 April 2015).
Suprijanto,H.Sigit.
2006. Matematika. Jakarta: Yudhistira.
Study,
Matematika . 2013,”Statistika”, (online),
http://matematikastudycenter.com/kelas-11-sma/144-statistika-data-ragam-dan-simpangan-baku-html,
(diakses pada 18 April 2015).
No comments:
Post a Comment